ZONA INTEGRITAS

PEMENUHAN

  1. Penyusun Tim Kerja
    • Unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas
    • Penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas
  2. Rencana Pembangunan Zona Integritas
    • Terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM
    • Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM
    • Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM
  3. Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM
    • Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana
    • Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas
    • Hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti
  4. Perubahan pola pikir dan budaya kerja
    • Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM
    • Sudah ditetapkan agen perubahan
    • Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi
    • Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM
  1. Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama
    • SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi
    • Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan
    • Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi
  2. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)
    • Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi
    • Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi
    • Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi
    • Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik
  3. Keterbukaan Informasi Publik
    • Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan
    • Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik
  1. Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi
    • Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan
    • Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan
    • Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja
  2. Pola Mutasi Internal
    • Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatanDalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan
    • Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja
  3. Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi
    • Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi
    • Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, telah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai
    • Tingkat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan
    • Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya
    • Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (seperti pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, coaching, atau mentoring)
    • Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja
  4. Penetapan Kinerja Individu
    • Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasiUkuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya
    • Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik
    • Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward
  5. Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai
    • Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan
  6. Sistem Informasi Kepegawaian
  • Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala
  1. Keterlibatan Pimpinan
    • Unit kerja telah melibatkan pimpinan secara langsung pada saat penyusunan perencanaan
    • Unit kerja telah melibatkan secara langsung pimpinan saat penyusunan penetapan kinerja
    • Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala
  2. Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja
    • Dokumen perencanaan kinerja sudah ada
    • Perencanaan kinerja telah berorientasi hasil
    • Terdapat penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU)
    • Indikator kinerja telah telah memenuhi kriteria SMART
    • Laporan kinerja telah disusun tepat waktu
    • Laporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja
    • Terdapat sistem informasi/mekanisme informasi kinerja
    • Unit kerja telah berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangangi akuntabilitas kinerja
  1. Pengendalian Gratifikasi
    • Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi
    • Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan
  2. Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)
    • Telah dibangun lingkungan pengendalian
    • Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan
    • Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi
    • SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait
  3. Pengaduan Masyarakat
    • Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan
    • pengaduan masyarakat dtindaklanjuti
    • Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat
    • Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti
  4. Whistle-Blowing System
    • Whistle Blowing System telah diterapkan
    • Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System
    • Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti
  5. Penanganan Benturan Kepentingan
    • Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama
    • Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi
    • Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan
    • Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan
    • Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti
  1. Standar Pelayanan
    • Terdapat kebijakan standar pelayanan
    • Standar pelayanan telah dimaklumatkan
    • Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan
    • telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan
  2. Budaya Pelayanan Prima
    • Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima
    • Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media
    • Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan
    • Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar
    • Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi
    • Terdapat inovasi pelayanan
  3. Pengelolaan Pengaduan
    • Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor!
    • Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan
    • Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi
  4. Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan
    • Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
    • Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka
    • Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat
  5. Pemanfaatan Teknologi Informasi
    • Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan
    • Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi
    • Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus

REFORM

  1. Komitmen dalam perubahan
    • Agen perubahan telah membuat perubahan yang konkret di Instansi (dalam 1 tahun)
      • Jumlah Agen Perubahan
      • Jumlah Perubahan yang dibuat
    • Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen
      • Jumlah Perubahan yang dibuat
      • Jumlah Perubahan yang telah diintegrasikan dalam sistem manajemen
  2. Komitmen Pimpinan Komitmen Pimpinan
    • Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan
  3. Membangun Budaya Kerja Membangun Budaya Kerja
    • Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari
  1. Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan
    • Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan
  2. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi
    • Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien
    • Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien
  3. Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat
    • Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
    • Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
    • Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
  1. Kinerja Individu
    • Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnya
  2. Assessment Pegawai
    • Hasil assement telah dijadikan pertimbangan untuk mutasi dan pengembangan karir pegawai
  3. Pelanggaran Disiplin Pegawai
    • Penurunan pelanggaran disiplin pegawai
      • Jumlah pelanggaran tahun sebelumnya
      • Jumlah pelanggaran tahun ini
      • Jumlah pelanggaran yang telah diberikan sanksi/hukuman
  1. Meningkatnya capaian kinerja unit kerja
    • Persentase Sasaran dengan capaian 100% atau lebih
      • Jumlah Sasaran Kinerja
      • Jumlah Sasaran Kinerja yang tercapai 100% atau lebih
  2. Pemberian Reward and Punishment
    • Hasil Capaian/Monitoring Perjanjian Kinerja telah dijadikan dasar sebagai pemberian reward and punishment bagi organisasi
  3. Kerangka Logis Kinerja
    • Apakah terdapat penjenjangan kinerja ((Kerangka Logis Kinerja) yang mengacu pada kinerja utama organisasi dan dijadikan dalam penentuan kinerja seluruh pegawai?
  1. Mekanisme Pengendalian
    • Telah dilakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjang
  2. Penanganan Pengaduan Masyarakat
    • Persentase penanganan pengaduan masyarakat
      • Jumlah pengaduan masyarakat yang harus ditindaklanjuti
      • Jumlah pengaduan masyarakat yang sedang diproses
      • Jumlah pengaduan masyarakat yang selesai ditindaklanjuti
  3. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan
    • Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)
      • Persentase penyampaian LHKPN
      • Jumlah yang harus melaporkan
        • Kepala satuan kerja
        • Pejabat yang diwajibkan menyampaikan LHKPN
        • Lainnya
      • Jumlah yang sudah melaporkan
    • Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)
      • Persentase penyampaian LHKASN
      • Jumlah yang harus melaporkan (ASN tidak wajib LHKPN)
        • Pejabat administrator (eselon III)
        • Pejabat Penawas (eselon IV)
        • Jumlah Fungsional dan Pelaksana
      • Jumlah yang sudah melaporkan
  1. Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik
    • Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada:
      1. Kesesuaian Persyaratan
      2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
      3. Kecepatan Waktu Penyelesaian
      4. Kejelasan Biaya/Tarif, Gratis
      5. Kualitas Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
      6. Kompetensi Pelaksana/Web
      7. Perilaku Pelaksana/Web
      8. Kualitas Sarana dan prasarana
      9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
    • Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah:
      1. Waktu lebih cepat
      2. Pelayanan Publik yang terpadu
      3. Alur lebih pendek/singkat
      4 Terintegrasi dengan aplikasi
      • Jumlah perijinan/pelayanan yang terdata/terdaftar
      • Jumlah perijinan/pelayanan yang telah dipermudah
  2. Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi
    • Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsive dan bertanggung jawab
Link Dokumen Monev ZI