UPACARA PENUTUPAN LATSITARDA NUSANTARA XLIV

Latsitardanus XLIV/2024 Ditutup, Tanda Kesuksesan Penanaman Sinergitas Antara TNI dan Polri Sejak Dini

Balikpapan, Rabu 5 Juni 2024 – Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV/2024 resmi ditutup dalam sebuah upacara di Lapangan Merdeka Balikpapan. Komandan Jenderal Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Rudianto, S.M., CSFA dan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri, Komjen Pol. Dr. Drs. Purwadi Arianto, M.Si memimpin upacara penutupan sekaligus menutup kegiatan tersebut.

Selama satu bulan terakhir, taruna dari berbagai lembaga pendidikan, termasuk Taruna Akpol, Taruna Akademi TNI, Praja IPDN, Mahasiswa UNHAN, dan Mahasiswa PSSN, telah aktif terlibat dalam berbagai kegiatan di sekitar Kota Balikpapan dan Samarinda, serta Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara (PPU). Kegiatan tersebut melibatkan karya bakti seperti perbaikan infrastruktur masyarakat perbaikan rumah ibadah, pos Kamling dan rumah tidak layak huni, pembersihan saluran air dan sungai, perbaikan jalan dan pavingisasi, pengaspalan jalan, pembuatan tugu Latsitarda dan Desa Digital. Serta non-fisik seperti riset sosial, penyuluhan kesehatan dan pencegahan Narkoba, wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, promosi sekolah-sekolah kedinasan, dan lain sebagainya.

Upacara penutupan dihadiri juga oleh Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Pol Krisno H. Siregar, S.I.K., M.H, yang menyampaikan apresiasi secara khusus kepada anak asuhnya Taruna Akpol angkatan 55 atas sukses dan lancaranya dalam menjalani Kegiatan Latsitarda Nusantara tersebut. Beliau berharap para Taruna memetik pelajaran berharga dari kegiatan tersebut, dan terus diimplementasikan saat bertugas kelak. baik berupa penanaman sinergitas dan kolaborasi TNI-Polri serta unsur masyarakat, hingga pelayanan prima kepada masyarakat.

Baca lainnya…