GUBERNUR AKPOL INDONESIA MENGHADIRI KONFERENSI APTA GAAM 8TH BERSAMA KEPALA AKADEMI KEPOLISIAN WILAYAH ASIA

Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Pol Krisno H. Siregar, S.I.K., M.H. menghadiri Pertemuan Tahunan Asosiasi Institusi Pelatihan Kepolisian di Asia ke-8 yang diselenggarakan di People’s Police Academy di Hanoi Vietnam (8th General Assembly Annual Meeting GAAM Association of Police Training Institutions in Asia (APTA).

APTA merupakan asosiasi beberapa lembaga pendidikan polisi di Asia sebagai organisasi kerja sama dilatarbelakangi keinginan untuk membangun kerja sama melalui pelatihan kepolisian untuk mengantisipasi dampak globalisasi dan ancaman global terutama kejahatan lintas negara.

APTA didirikan pada tgl 22 Februari 2017 di Korean National Police University (KNPU), Asan, Korea Selatan dengan mendatangani protokol APTA oleh 17 lembaga pelatihan Polisi yang hadir saat itu, termasuk Akpol.

Dalam protokol dijelaskan bahwa yang dimaksud dng Lembaga Pelatihan Kepolisian (Police Training Institute) adalah organisasi yang diberi mandat untuk menyelenggarakan pendidikan dan/atau pelatihan bagi calon dan/atau pejabat kepolisian yang sedang menjabat/bertugas sbg anggota kepolisian. Dalam perkembangannya, lembaga pelatihan kepolisian yang ikut dalam keanggotaan APTA bertambah setiap tahunnya dan dibahas dalam pertemuan rutin tahunan yang disebut GAAM (general asembly annual meeting) utk Indonesia selain Akpol adalah PTIK dan JCLEC. Saat ini sudah terdapat 17 negara dengan 27 lembaga pendidikan kepolisian yang tergabung dalam APTA.

APTA menyelenggarakan kegiatan tahunan dalam bentuk GAAM dan tahun ini adalah GAAM ke-8 yang dilaksanakan di People’s Police Academy, Hanoi, Vietnam pada tanggal 14-15 Mei 2024.

Selain kegiatan GAAM juga terdapat kegiatan PASFA (police academy student festival of Asia / festival taruna / siswa dari Akademi Kepolisian se-Asia) yaitu kegiatan festival dari para Taruna Akademi Kepolisian yang tergabung dalam keanggotaan APTA, dengan melaksanakan ragam kegiatan belajar bersama dan kompetisi diantaranya debat dan pembuatan karya ilmiah.

Salah satu agenda dalam GAAM ke-8 APTA 2024, Akpol ditunjuk sebagai _host country_ untuk kegiatan GAAM ke-9 tahun 2025 bersamaan dengan kegiatan PASFA 2025, selain itu Presiden APTA Superintendent Jenderal Jae Young LEE yang juga merupakan Presiden dari Korean National Police Academy (KNPU) menetapkan Gubernur Akpol sebagai _Vice President_ APTA hingga tahun 2027.

Baca lainnya…