UPACARA PEMBUKAAN LATSITARDANUS XLII TH.2023 OLEH PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI

Padang, 19 Mei 2023 – Provinsi Sumatera Barat menjadi saksi kemeriahan saat Upacara Pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII Tahun 2023 resmi dibuka. Acara tersebut dipimpin oleh Panglima TNI, Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A., dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si..

Upacara diadakan di Halaman Istana Gubernur Sumatera Barat, Kota Padang. Latsitarda kali ini mengusung tema “Latsitarda Nusantara XLIII, Menuju Sumatera Barat Unggul.”
Acara ini merupakan latihan integratif yang bertujuan untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin dengan jiwa kejuangan, cinta Tanah Air, dan semangat sinergisitas.

Latsitarda Nusantara XLIII/2023 adalah kegiatan integratif bagi Taruna Akmil, AAL, AAU, Akpol, Praja IPDN, dan Taruna Poltek SSN serta mahasiswa dengan tujuan memberikan pembekalan kepada para taruna dan mahasiswa sebagai pemimpin masa depan, memperkuat kemanunggalan TNI dan Polri dengan masyarakat, membangun soliditas TNI, Polri, dan masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan akademik.

Dalam sambutannya, Panglima TNI Yudo Margono menekankan pentingnya sinergi antara TNI dan Polri dalam menjaga keutuhan negara serta menghadapi berbagai tantangan ke depan. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan latihan tersebut, serta mengingatkan pentingnya disiplin, kerja sama, dan dedikasi dalam menjalankan tugas-tugas negara.

Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo berpesan kepada para peserta Latsitarda untuk memanfaatkan kegiatan ini demi membangun kemanunggalan TNI-Polri. Kapolri mengatakan persatuan dan kesatuan bangsa jadi modal kekuatan menghadapi tantangan ke depan.

“Saya mengucapkan selamat berlatih, patuhi aturan, nilai-nilai, dan norma-norma sosial yang berlaku. Semoga kegiatan ini terselenggara sesuai dengan rencana dan dapat memberikan manfaat bagi peserta Latsitarda, penyelenggara Latsitarda, dan masyarakat Provinsi Sumatera Barat serta menjadi ladang amal bagi kita semua,” sambut Kapolri.

Baca Lainnya….