Sekilas Akpol

 

Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Lemdiklat Polri (Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri).

 

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun (8 Semester) dengan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan. Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 negara anggota lainnya.

 

akpol menuju world class police academy……

 Visi & Misi

 

Visi Akpol adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi Polri yang menghasilkan Perwira Polri profesional, cerdas, bermoral, dan modern yang berwawasan global dan berstandar internasional.

 

 

Misinya adalah :

1. menyelenggarakan pendidikan pembentukan perwira polri melalui kegiatan pengajaran, pelatihan dan pengasuhan secara bertahap dan berkesinambungan pada setiap tingkat pendidikan;

2. menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan bidang kepolisian;

3. menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang terkait dengan bidang kepolisian;

4. menyelenggarakan tata kelola institusi yang berorientasi kepada pelayanan prima dan berkembang menjadi pusat unggulan (Centre of Excellent);  dan

5. mengembangkan kerjasama dan jejaring kerja dengan berbagai lembaga didalam dan luar negeri.

Sejarah singkat

 

 

 

perjalanan sejarah akademi kepolisian telah mengalami berbagai perubahan secara organisasi maupun tempat domisilinya sampai pada akhirnya menetap di semarang.

pada awal revolusi, kelompok instruktur polisi yaitu RS Soekanto, Broto Moerdokoesoemo, Bustami Aman dan Djodjodirjo berusaha membangun kepolisian di Indonesia. waktu itu timbul gagasan kepolisian tak boleh ketinggalan dalam menghadapi kejahatan sampai pada akhirnya terwujud Sekolah Polisi Bagian Tinggi di Mertoyudan Magelang melalui pengesahan Menteri Dalam Negeri pada tanggal 17 Juni 1946 dan segera berganti nama menjadi Akademi Polisi yang peresmiannya dihadiri oleh Presiden Soekarno dan Wapres Mohammad Hatta.

saat itu Akademi Polisi Mertoyudan dilengkapi dengan dosen dan dewan guru besar antara lain Prof. Dr. Soepomo, Prof. Mr. Soenario Kolopaking, Sanjaya Widjaya, Prof Dr. Prijono dan Ki Hadjar Dewantara. pada akhir September 1946, akademi dipindahkan dari Magelang menuju ke Yogyakarta. setelah pengakuan kedaulatan RI pada 27 Desember 1949, Akademi Polisi dipindahkan ke Jakarta seiring dengan perpindahan pusat pemerintahan dari Yogyakarta ke Jakarta dan namanya diubah menjadi Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dengan Ketua Dewan Guru Besar dijabat oleh Prof. Mr. Djokosoetono, S.H.

Pada masa orde baru, dengan terealisasinya Komplek AKABRI Bagian Kepolisian, maka secara bertahap sejak awal tahun 1980 bertepatan dengan hari Bhayangkara ke 34, Akabri Bagian Kepolisian di Semarang diresmikan penggunaannya oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Awaloedin Djamin, MPA dimana pada saat itu Guberur Akpol dijabat oleh Mayjen Pol R. Soetrasno. dengan Sprin Pangab Nomor : Sprin/07/IV/1984 tanggal 17 juni 1984 tentang Perintah Serah Terima Pengalihan Akabri Bagian Kepolisian berubah nama dan statusnya menjadi Akademi Kepolisian yang berada langsung dibawah Kapolri sesuai dengan Skep Kapolri No.Pol : skep/36/I/1985 tanggal 24 Januari 1985.

memasuki periode reformasi di Indonesia, sejarah Akademi Kepolisian mengalami perubahan dengan dikeluarkannya skep Kapolri No.Pol : Skep/389/IV/1999 tanggal 9 April 1999 tentang Akademi Kepolisian Mandiri. maka sejak tanggal 10 April 1999, Akpol dinyatakan terpisah dari Akmil, AAL dan AAU serta teknis administrasi juga lepas dari Mako Akademi TNI diikuti dengan perubahan logo Akpol pada tanggal 24 Oktober 2003 yang diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Da’i Bachtiar. 

slide13

dasar kelembagaan

penetapan akreditasi

  • jarlatsuh 1
  • jarlatsuh2

kurikulum & pola pendidikan

  • kurikulum 1
  • kurikulum2

evaluasi

  • evaluasi dik
  • evaluasi jar

peserta didik

dosen & tenaga kependidikan

  • SERDIK 2019
  • serdik sipss
GADIK 2019

fasilitas pendidikan

pembiayaan

Slide12
bpl

kalender akademik

kaldik 2018-2019