TARUNA TINGKAT I ANGKATAN 48 DETASEMEN HASTADHARANA MELAKSANAKAN LATIHAN SAR DARAT

Akpol Semarang, Upacara Pembukaan Latihan SAR Darat Taruna Akpol Tingkat I Angkatan 48 Detasemen Hastadharana, dilaksanakan pada hari Senin, 3 Maret 2014 bertempat di Lapangan Apel Taruna Akademi Kepolisian dengan Inspektur Upacara Wakil Gubernur Akademi Kepolisian Brigjen Pol. Drs. Srijono mewakili Gubernur Akademi Kepolisian dan dihadiri Pejabat Utama Akademi Kepolisian serta para Taruna yang akan melaksanakan latihan SAR darat.

Latihan diikuti 303 Taruna / Taruni dengan melibatkan pelatih dari unsur Instruktur Akpol, Basarnas, Paping, Keslap dan Kolat sejumlah 131 orang. Pelaksanaan latihan SAR darat dari tanggal 10 s/d 14 Maret 2014 bertempat di Kabupaten Banjarnegara.

Tema latihan SAR darat kali ini adalah “Melalui latihan SAR darat, Polri menyiapkan Taruna Akpol untuk memiliki kemampuan dan keterampilan dasar di bidang pencarian dan penyelamatan korban guna menunjang tugas kepolisian”. Maksud dilaksankan latihan SAR ini adalah sebagai aplikasi tugas Polri sesuai dengan pasal 14 ayat 1 huruf i, bahwa dalam melaksanakan tugas pokok pada pasal 13, Polri bertugas “Melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban atau bencana alam termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi HAM”.

Tujuan diselenggarakan kegiatan pelatihan SAR darat bagi Taruna Akpol yaitu memberikan bekal kemampuan dan keterampilan dasar SAR darat kepada Taruna sebagai bekal pelaksanaan tugas dalam memberikan bantuan berupa pencarian ( SEARCH ) dan penyelamatan ( RESCUE ) korban bencana yang terjadi di darat, untuk meningkatkan kesamaptaan jasmani, untuk mengaplikasikan pengetahuan dan memiliki kemampuan profesional kepolisian. ( Humas Akpol )

DSC_3432

DSC_3412

DSC_3420

DSC_3451