TARUNA PEDULI PERMASALAHAN MASYARAKAT SAAT MELAKSANAKAN IBL BULAN MEI 2015

001 002 003 004               Akpol Semarang, Taruna Akpol TK III melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan,  pada  saat melaksanakan IBL  bulan  Mei  2015,  Akademi  kepolisian adalah

Lembaga  pembentukan  perwira  polri,  maka  akpol  berfungsi  untuk  mengembangkan  kemampuan  dan  membentuk watak serta  kepribadian  polisi  yang bermanfaat dalam rangka  menciptakan  perwira  pertama polri  yang profesional, bermoral, modern dan  handal. Dalam rangka  mencapai tujuan pendidikan Akademi  Kepolisian  tersebut maka  upaya pendidikan yang dilaksanakan  adalah melalui penyelenggaraan  pelatihan,  pengajaran dan pengasuhan, disamping  itu dibutuhkan  oleh taruna untuk melakukan  kegiatan  sosial di masyarakat  guna memantapkan karakter yang peduli terhadap permasalahan yang ada didalam masyarakat yang antara lain dengan melaksanakan bakti  sosial.

 

Adapun  jenis  kegiatan yaitu memberikan  sosialisasi  dan gambaran mengenai lembaga pendidikan  polri, untuk  Taruna  Akpol  membantu  pengaturan  arus  lalu lintas  di jalan raya, melaksanakan  bakti sosial  di panti Asuhan,  ikut serta  dalam pelaksanaan  apel  siaga, pengamanan  giat  karnaval,  pengarahan  akan tertib berlalu lintas, melatih karate di daerah, pembinaan  penyuluhan satuan pengamanan, sambang ke satuan  pengamanan, siaga  keamanan pada saat  kelulusan  SMA, penertiban  serta penindakan  pelanggaran  lalu lintas, pelayanan masyarakat di kantor polisi, donor darah di PMI,  mengarahkan  tahanan di LP,  melaksanakan korvay kebersihan lingkungan  alam, mengikuti kegiatan Isri’ a miraj, mengisi acara di desa, mengunjungi TKP  penelantaran Anak  di grand citra Jakarta, mengikuti operasi gabungan yang dilakukan oleh polri, melakukan  kegiatan  wawancara pecalang di Bali, sosialisasi  kamtibmas di  masyarakat, kegiatan  sosialisasi  tersebut  melibatkan  Taruna Tingkat III  dan masyarakat yang berada di sekitar  tempat pelaksanaan IBL masing – masing Taruna, adapun  hasil yang di  capai  Taruna  yaitu mampu mengaplikasikan  kemampuan berbicara  di depan Umum, dan menambah pengalaman lapangan guna menunjang proses pembelajaran serta  dapat dijadikan sebagai  sarana  sosialisasi  lembaga pendidikan  polri  khususnya Akademi Kepolisian, kegiatan seperti ini  juga dapat  dikembangkan  lagi tidak hanya bakti sosial tetapi kegiatan seperti  sosialisasi,  kegiatan  sosial dapat dilakukan  oleh para Taruna  pada  saat cuti atau long weekend  sehingga dapat  mempererat tali  silaturahmi  Taruna Akademi Kepolisian dengan masyarakat  Umum. Adapun taruna yang peduli membantu mengatasi permasalahan masyarakat tersebut antara lain adalah :

  1. Membantu mengatur lalulintas di lakukan oleh Brigtutar Ahmad  Nugrah, Brigtutar Ismunandar, Brigtutar Ryan Mitha Pangesty, Brigtutar Hotma Patuan A M, Brigtutar M Boy Akbar, Brigtutar Yan  Revie Julianty, Brigtutar.
  2. Mengadakan  sosialisasi di lakukan Brigtutar Ramawati Utami W, Brigtutar Kadek Intan Pramita Dewi, Brigtutar Roy Demo Pradita, Brigtutar Rezky  Nur Haris,Brigtutar Gharaza Zahra Zahirah, Brigtutar Kiki Tanlim, Brigtutar Gian Evla Tama.
  3. Mengadakan Donor darah, pengamanan dan penindakan Gar lantas Brigtutar Glend Felix Brigtutar Latifa Andika Nur Sabrina, Brigtutar Iwan Kapojos, Brigtutar Fahlevy, Brigtutar Taufik Hidayat.
  1. melaksanakan penyuluhan masyarakat Brigtutar Satya Dhira,Brigtutar Nahal Rizaq, Brigtutar  A Bonnaldi  Suhardi.
  1. mengikuti Apel siaga dan sambang di pos satpam Brigtutar Nanin Aprilia fitriani, Brigtuttar Satria Madangkara Brigtutar Aldofian paka, Brigtutar Hotma Patuan, Brigtutar Brilyan  Sandi  Brigtutar A Husni Imawan, Brigtutar Adimas Firmansyah, Brigtutar Ryo Guntur. ( Humas  Akpol )