RAPAT PLENO II DAN PENANDATANGANAN MOU PENDIDIKAN INTEGRASI AKADEMI TNI DAN AKPOL TAHUN 2015

Akpol Semarang, Gubernur Akpol Irjen. Pol. Drs. Pudji Hartanto, M.M., para Direktur, Pejabat Utama Akpol dan para Kombes menghadiri rapat pleno II dan penandatanganan MoU pendidikan integrasi Akademi TNI dan Akademi Kepolisian pada hari Selasa tanggal, 26 Mei 2015, bertempat di ruang Rapat Utama Polda Jawa Tengah, adapun yang hadir dalam rapat pleno II tersebut antara lain Komandan Jenderal TNI Harry Purdianto, S.I.P., M.Sc., Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Sumardi, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono.S.E, Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsda TNI Sugihardjo, S.E., M.M., Kapolda Jawa tengah Irjen Pol.  Drs. Nur Ali.

Adapun kegiatan integrasi tersebut dijelaskan Irjen. Pol. Drs. Pudji Hartanto M.M., antara lain mengungkapkan, para Taruna yang akan dikirim merupakan Taruna dan Taruni tahun pertama yang baru saja direkrut, mereka akan di gembleng selama 3 ( tiga ) bulan di Lembah Gunung Tidar, menurut Irjen. Pol. Drs. Pudji Hartanto M.M., hal ini merupakan bagian atau rencana integrasi pendidikan antara Taruna TNI dan Taruna Akpol, dijelaskan bahwa Taruna Akpol akan diajarai mengenai pertahanan dan bela negara sementara Taruna TNI akan mempelajari matra polri, proses pendidikan ini akan berlangsung selama 3 ( tiga ) bulan di Akademi Militer ( Akmil ) Magelang, Taruna TNI akan menerima doktrin kebhayangkaraan, integrasi pendidikan ini penting agar kedua belah pihak saling mengetahui, ini bertujuan untuk meningkatkan soliditas TNI dan Polri.

Dijelaskan oleh Irjen. Pol. Drs. Pudji Hartanto M.M., disebutkan bahwa penggabungan pendidikan ini di harapkan bisa mencegah konflik dan sekaligus meningkatkan kekompakan kedua institusi, hal ini juga untuk mendorong integrasi dan kemitraan strategis antara Polri dengan TNI, menurut Irjen. Pol. Drs. Pudji Hartanto M.M.,  TNI dan Polri harus sama-sama memahami tugas dan fungsinya masing-masing, integrasi dilakukan melalui pendidikan agar bisa maksimal, melalui integrasi ini TNI tahu bagaimana beratnya tugas polri dan Polri juga tau bagaimana beratnya  tugas TNI menjaga pertahanan Negara. (Humas Akpol)

DSC_6704 DSC_6712 DSC_6716 DSC_6728 DSC_6734 DSC_6696 DSC_6689 DSC_6688 DSC_6731