Press Release

DSC_6137

Gubernur Akpol : SIAK Merupakan Babak Baru Menggapai Visi Lembaga Pendidikan Tinggi Polri
Semarang – Dalam pembangunan Sistem Informasi Akademi Kepolisian (SIAK), flat taruna dan flat taruni Akpol merupakan bagian penjabaran dari 25 program prioritas pengembangan dan penguatan kapasitas Lemdikpol, yang merupakan bagian dari enam quick wins Lemdikpol.
Demikian dikatakan Gubernur Akpol, Irjen Polisi Drs. Eko Hadi Sutedjo.,S.H.,M.Si di sela- sela sambutannya dalam peresmian Sistem Informasi Akademi Kepolisian di Akpol Semarang, Selasa, (11/03).
Menurutnya dari enam quick wins Lemdikpol tersebut diantaranya adalah program penggunaan IT/ E Learning di setiap sekolah atau Pusdik, dalam proses pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan. Juga program perubahan artefak/ tampilan dan simbol- simbol di setiap sekolah atau Pusdik.
Gubernur Akpol menyampaikan pembangunan SIAK merupakan babak baru dari guliran sejarah Akpol dalam capaiannya untuk menggapai visi sebagai lembaga pendidikan tinggi Polri yang bertaraf Internasional.
“ Pembangunan SIAK ini strukturnya selesai dibangun dalam waktu empat bulan yang menggunakan Dipa tahun 2013, sedang pengisian kontennya akan berlangsung selama satu tahun ke depan hingga akhir tahun 2014,” tambahnya.
SIAK yang merupakan sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini dilengkapi dengan adanya fasilitas 150 titik jaringan CCTV pada lokasi kegiatan pengajaran, pelatihan dan pengasuhan, juga monitoring room yang berfungsi mengontrol berbagai kegiatan program pendidikan.
Disamping itu adanya analysis room yang berfungsi untuk evaluasi dan analysis data, dan server room serta command center sebagai pusat kendali utama, di mana pimpinan Akpol dan Polri dapat mengakses maupun memberikan arahan secara langsung.
“ Sistem informasi Akpol sendiri mempunyai dua fungsi yakni sebagai pusat pengolahan data (data center) dan pusat pengendalian operasional pendidikan, yakni E Learning, E Library, Live Teaching, Computer Basic Training (CBT) dan Language Laboratory,” jelasnya.
Lanjutnya, Akpol juga mendapat giliran sebagai tuan rumah dalam kegiatan integrasi dengan Akademi TNI, yaitu PRASPA tahun 2015 yang memerlukan akomodasi dengan kapasitas 1.500 orang untuk Taruna Akmil, Taruna A.A.L, Taruna A.A.U dan pendukung.
Selain itu juga pemisahan Flat Taruna dengan Taruni, dan pemanfaatan lahan kritis (tempat sampah dan perbatasan).