PEJABAT UTAMA

GUBERNUR AKPOL

  • Gubernur Akpol disingkat Gub Akpol adalah pelaksana dalam penyelenggaraan kegiatan pembinaan dan pelaksanaan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi, bertugas:
    1. Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kalemdik Polri, khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
    2. Sesuai kebijakan Kalemdik Polri, menyiapkan dan merumuskan kebijakan pelaksanaan fungsi pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi sebagai pedoman bagi para pelaksana dalam lingkungan Akpol.
    3. Berdasarkan program kerja Polri dan Renstra Lemdik Polri, menetapkan rencana dan program kerja Akpol, serta mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan pelaksanannya, guna menjamin tercapainya sasaran secara berhasil dan berdaya guna.
    4. Menentukan kebijakan dan mengambil keputusan dalam rangka memimpin Akpol guna menjamin terselenggaranya fungsi Akpol.
    5. Membina disiplin, tata tertib dan kesadaran hukum dalam lingkungan Akpol.
    6. Berdasarkan kebijakan Kapolri dan Kalemdik Polri, Gubernur Akpol menyelenggarakan pembinaan personel, logistik dan anggaran, serta melakukan upaya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan operasional organisasi Akpol.
  • Gubernur Akpol bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kewajibannya kepada Kalemdik Polri.
  • Apabila Gubernur berhalangan melakukan tugas kewajibannya diwakili oleh Wakil Gubernur Akpol.

 

WAKIL GUBERNUR AKADEMI KEPOLISIAN

  • Wakil Gubernur Akpol disingkat Wagub Akpol, dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan kegiatan pembinaan dan pelaksanaan pendidikan serta pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi bertugas :
    1. Membantu Gubernur Akpol dalam menyelenggarakan pengawasan dan pengendalian atas semua sumber daya Akpol.
    2. Mengendalikan dan mengawasi kegiatan operasi pendidikan.
    3. Mengkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan staf.
    4. d. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur Akpol.
  • Apabila Wagub Akpol berhalangan melaksanakan tugas kewajibannya, diwakili oleh pejabat yang ditunjuk oleh Gubernur Akpol.
  • Wagub Akpol bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kewajibannya kepada Gubernur Akpol.

 

DIREKTUR AKADEMIK AKPOL

  •  Direktur Akademik Akpol disingkat Dir Ak, dalam melaksanakan tugas pembinaan dan pelaksanaan pendidikan serta pembentukan Perwira Polri bertugas :
    1. Menyelenggarakan penyusunan dan perumusan kurikulum Akademi Kepolisian.
    2. Mengkaji dan mengembangkan kurikulum Akademi Kepolisian dalam proses sistem pembelajaran Taruna dan Siswa.
  • Dalam pelaksanaan tugasnya Direktur Akademik dibantu oleh Kabag Bindik, kabag Jarlat, Koorgadik dan 6 (enam) Kabid lain.

 

DIREKTUR PEMBINAAN TARUNA DAN PELATIHAN AKPOL

  • Direktur Pembinaan Taruna dan Pelatihan Akpol disingkat Dir Bintarlat, dalam melaksanakan tugas pembinaan dan pelaksanaan pendidikan serta pembentukan Perwira Polri bertugas :
  1. Menyelenggarakan penyusunan dan perumusan program pelatihan pengasuhan Taruna dan Siswa.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan kerjasama program pendidikan dan pelatihan Taruna dan Siswa serta program pengabdian masyarakat / kehumasan.
  • Dalam pelaksanaan tugasnya Dir Bintarlat dibantu oleh Kabag Binlat, Kabag Kermadian, Kabag Humas dan Kakorbintarsis.

 

KEPALA BAGIAN PERENCANAAN DAN ADMINISTRASI

  • Kepala Bagian Perencanaan dan Administrasi disingkat Kabag Renmin bertugas menyusun perencanaan program kerja dan anggaran atau administrasi, perawatan personil, perbekalan umum, ketatausahaan dan pelayanan markas.
  • Dalam pelaksanaanya tugas Kabag Renmin dibantu oleh Kasubbag Ren, Kasubbag Sumda dan Kasubbag Um.