LANGKAH AWAL, CHANDRADIMUKA BHAYANGKARA


DSC_9838_compressed

Kamis tanggal 1 Agustus 2013, di tengah panasnya Candi Baru Semarang, para calon Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian melaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan Chandradimuka Bhayangkara

Gubernur Akademi Kepolisian Inspektur Jenderal Polisi Drs. Eko Hadi memimpin upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian. Sejumlah 300 Cabhatar mengikuti upacara dengan penuh semangat. Karakter, kebanggaan dan jati diri calon Bhayangkara merupakan hal penting dan utama dalam pendidikan Chandradimuka yang akan dilaksanakan sampai 4 bulan kedepan. Kehidupan Cabhatar harus berubah, terisi oleh nilai – nilai luhur Bhayangkara, kedisiplinan, kejujuran, moral dan budi pekerti yang mulia dan kontras dari kehidupan sebelumnya untuk menjadi Insan Bhayangkara. Inspektur upacara mengawali sambutan.

Seluruh Cabhatar wajib untuk dapat menyerap seluruh pembelajaran dan materi yang telah disiapkan. Cabhatar akan dibentuk menjadi perwira Polri yang siap menghadapi tantangan dan tuntutan masyarakat masa kini yang semakin komplek dan rumit. Cabhatar harus mampu memahami dasar-dasar ketrampilan yang dapat diaplikasikan dalam rangka menjadi pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dengan sepenuh hati dan tulus ikhlas, dengan dilandasi dengan aspek moral, profesionalisme, patuh hukum serta modern. Untuk itu, belajar dan berlatih merupakan kunci penting untuk dilakukan secara konsisten selama pendidikan Chandra Bhara dan lebih lagi selama menjadi taruna hingga menjadi perwira. Demikian inspektur upacara melanjutkan.

Apa yang akan dilaksanakan selanjutnya adalah tantangan bagi Calon Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian yang terpilih mewakili putra-putri bangsa yang siap membela tumpah darah Indonesia. Maju menjadi dewasa dan buktikan kepada kedua orang tua dan masyarakat bahwa Cabhatar dibawah pengasuhan yang tepat dan pasti siap membanggakan mereka nanti pada waktunya. Keberanian, semangat, dan harapan harus menjadi bagian langkah Cabhatar Akpol melewati tiap tantangan yang menghadang, hadapi semua dengan senyuman dan hangatnya persaudaraan baru serta ikatan korps taruna yang menjadi brand Akademi Kepolisian. Demikian garis besar amanat Gubernur Akademi Kepolisian selaku inspektur upacara.

Upacara pembukaan Chandradimuka Bhayangkara yang diikuti oleh seluruh pejabat utama Akademi Kepolisian, para dosen, pelatih serta instruktur ditutup dengan peragaan ketrampilan-ketrampilan yang dimiliki oleh sebagian Chabatar baik dalam bidang beladiri Karate, maupun kesenian. Setelah upacara dilaksanakan, dilanjutkan dengan briefing oleh Gubernur Akademi Kepolisian di Gedung Graha Cendekia, untuk menjadi bekal para Cabhatar dalam mengikuti seluruh kegiatan Chandradimuka Bhayangkara. Kesuksesan ada ditangan para Cabhatar, dan infra struktur, sarana dan prasarana hanya menjadi fasilitator berhasilnya para Cabhatar menyelesaikan pendidikan hingga menjadi Inspektur polisi. @DL658


farerasr

BRIPDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ADIGUNA LAKSANA YUWAWIRA - SIPSS 2017