311 Taruna Akpol Ikuti Latihan SAR Air

JAY_8121 JAY_8118 JAY_8113 JAY_8097 

 

SEMARANG – Sebanyak 311 taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, mengikuti latihan SAR Air di Pantai Bandengan dan Pulau Panjang Jepara. Sebanyak 299 personel dari Taruna Tingkat I Den 47 Satryo Pambudi Luhur, 2 Taruna Tingkat II Angkatan 46 Den Anindya Yodha serta 10 Taruna Tingkat II Den 45 Budi Luhur Bhayangkara. 

Upacara pemberangkatan digelar di Lapangan Korbintarsis Akpol dengan inspektur upacara, Gubernur Akpol, Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi, Selasa (28/5). Selama lima hari, sampai 1 Juni mendatang, mereka akan mengikuti latihan. 

Irjen.Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi mengatakan, latihan SAR Air dimaksudkan memberi kesempatan taruna mengaplikasikan  pengetahuan teoritis yang diterima selama pendidikan. Diharapkan, adanya kesesuaian dengan praktek nyata di lapangan.

“Laksanakan latihan dengan sebaik-baiknya. Siapkan mental dan fisik secra baik dan tunjukkan, bahwa kalian memiliki ke-Samaptaan dan kejuangan tinggi. Tidak mudah menyerah atas keterbatasan sarana dan fasilitas. Menjaga dan mengutamakan keselamatan diri saat berlatih ditengah kondisi cuaca apapun,” katanya Gubernur Akpol dalam amanat yang disampaikannya.

Gubernur Akpol juga berpesan, kepada seluruh peserta latihan agar memperhatikan dan mengikuti petunjuk instruktur secara konsisten.

“Jangan pernah ragu bertanya pada instruktur apabila ada instruksi yg dirasakan belum. Jangan melakukan kegiatan lain di luar instruksi. Tanamkan disiplin dalam setiap program latihan, serta tumbuh dan kembangkan jiwa Korsa, disiplin kepemimpinan, sikap perilaku sebagai seorang taruna Akpol,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Akpol meminta kepada seluruh pengasuh, instruktur dan pengawas agar secara optimal menjalankan tugas.

“Secara maksimal, mengawasi dan memberikan motivasi kepada peserta, sehingga pelaksanaan dapat terlaksana dengan baik,” tukasnya.